Karya Tulis Ilmiah (2007)

Posted on Updated on

RINGKASAN

Potensi Minyak Ikan Lemuru (Sardinella Lemuru) dalam Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur Akibat Infeksi Intrauterin [1]

 Ali Taqwim, Dina Eka Puteri, Elyda Akhya Afida Misrohmasari

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Kelahiran prematur adalah kelahiran bayi dengan berat bayi kurang dari 2500 gram dan lahir sebelum 37 minggu usia kehamilan. Dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal, bayi prematur lebih banyak mengalami gangguan baik semasa periode neonatal maupun pada masa perkembangan. Infeksi yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme merupakan penyebab utama (40%) terjadinya kelahiran prematur selain faktor-faktor lainnya. Apabila tidak ditangani dengan baik akan dapat menjadi penyulit pada kehamilan. Sampai saat ini, berbagai kemajuan diagnostik dan penanganan untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur belum memuaskan. Salah satu bahan dari alam yang aman dan potensial dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan manusia adalah minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru). Nampaknya, kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) berpotensi untuk dimanfaatkan dalam menurunkan risiko kelahiran prematur akibat infeksi intrauterin. Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk menelaah dan memahami potensi dan mekanisme aksi secara ilmiah kandungan minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) dalam menurunkan risiko kelahiran prematur akibat infeksi intrauterin.

Penulisan karya tulis ilmiah ini dilakukan di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember pada bulan Februari tahun 2007. Penulisan karya tulis ini disusun berdasarkan studi pustaka atau melalui pendekatan teoritik, yaitu dengan mengumpulkan berbagai referensi yang berasal dari hasil penelitian pada jurnal ilmiah, buku teks ilmiah dan situs-situs internet yang berhubungan dengan masalah yang diangkat, kemudian menganalisisnya sehingga dapat diambil suatu kesimpulan tentang potensi minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) dalam menurunkan risiko kelahiran prematur akibat infeksi intrauterin.

Pencegahan kelahiran prematur akibat adanya infeksi intrauterin selama kehamilan dapat dilakukan dengan mengurangi dan menghambat produksi prostaglandin akibat infeksi mikroorganisme. Mekanisme patogenik penjalaran infeksi berupa produk prostaglandin dan sitokin di dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya kontraksi otot uterus. Minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) banyak mengandung asam lemak omega-3 yang kaya akan EPA (Eicosapentaenoid Acid) dan DHA (Decohexaenoic Acid). Melalui diet minyak ikan secara progresif, akan terjadi peningkatan derajat asam lemak omega-3 sehingga menurunkan kandungan asam arakidonat (AA) pada sel target dan sel efektor yang terdapat pada membran fosfolipid jaringan, akibatnya terjadi penurunan produksi prostaglandin.Selain itu, minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) juga berperan dalam menurunkan produksi sitokin berupa IL-1β (Interleukin 1β), IL-6 (Interleukin 6), dan TNF-α (Tumor Necrosis Factor Alpha) yang akan merangsang sintesis prostaglandin dalam plasenta dan korioamnion.  Proses metabolisme minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) yang potensial tersebut adalah: (a) EPA mengganti sebagian AA dalam jaringan atau kumpulan prekusor eikosanoid, sehingga persediaan AA berkurang, (b) EPA akan bersaing langsung dengan sisa-sisa AA untuk oksigenase dengan enzim yang mensintesis eikosanoid, dan (3) EPA mensintesis eikosanoid yang struktur molekulnya mirip dengan eikosanoid dari AA tetapi mempunyai efek biologi yang berbeda.

Simpulan yang dapat diambil berdasarkan telaah dan analisis mengenai potensi dan mekanisme aksi minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) dalam mencegah terjadinya kelahiran prematur adalah dengan menurunkan dan menghambat produksi prostaglandin yang terbentuk secara dini pada masa kehamilan. Sehingga pemberian suplemen minyak ikan lemuru (Sardinella lemuru) pada masa kehamilan akan dapat menurunkan risiko kelahiran prematur akibat infeksi intrauterin.

Kata kunci : Minyak ikan lemuru, omega-3, infeksi intrauterin, kelahiran prematur, prostaglandin.


[1] Juara I LKTM se-UNEJ dan Juara Harapan I LKTM se-Regional C (2007)

One thought on “Karya Tulis Ilmiah (2007)

    Sardinella Bali said:
    April 11, 2013 pukul 2:31 pm

    […] Lemuru) dalam Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur Akibat Infeksi Intrauterin [terhubung berkala]. https://dentosca.wordpress.com/2011/04/10/ikan-lemuruprematurinfeksi-intrauterin/ (11 Mei […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s