Artikel Jurnal (3)

Posted on Updated on

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN BAYI DAN BALITA TERHADAP KUNJUNGAN POSYANDU DESA MOJOMULYO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN 2007

Ali Taqwim, Nuarista Pratitis, Divi Apriani NKP, Mellyna Trismi Utami

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember

ABSTRAK

Pemerintah berupaya mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, produktif dan mempunyai daya saing yang tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang kesehatan adalah adanya penyelenggaraan pos pelayanan terpadu (posyandu). Pemanfaatan pelayanan kesehatan, termasuk pemanfaatan posyandu yang rendah dapat berdampak pada rendahnya derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Seorang ibu yang memiliki pengetahuan akan kesehatan keluarga merupakan kunci untuk membentuk perilaku sehat yang selanjutnya akan sadar dan termotivasi untuk memanfaatkan layanan kesehatan seperti pemanfaatan layanan posyandu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang kesehatan bayi dan balita terhadap kunjungan posyandu di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger tahun 2007. Penelitian ini dilaksanakan di 9 Posyandu Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember pada tanggal 6-9 Februari 2008. Penelitian dilakukan secara deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 211 dengan metode cluster random sampling. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari data register bayi dan balita wilayah kerja posyandu Desa Mojomulyo selama bulan Januari Desember 2007.

Hasil penelitian ini dianalisis dengan uji statistik Chi Square. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai x2=21, 965, df=8, dan p=0,005 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan  antara pengetahuan ibu rumah tangga tentang kesehatan bayi dan balita terhadap kunjungan posyandu di Desa Mojomulyo pada tahun 2007. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan ibu rumah tangga tentang kesehatan bayi dan balita dengan kunjungan posyandu di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember pada tahun 2007.

Kata kunci : Kunjungan posyandu, pengetahuan ibu, kesehatan bayi dan balita


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s