Karya Tulis Ilmiah (2006)

Posted on Updated on

RINGKASAN

Pemanfaatan Senyawa Aktif Propolis sebagai Alternatif Pencegahan Osteoporosis pada Wanita Pascamenopause [1]

Berlian Prihatinningrum, Ali Taqwim, Anindhita Prasasya

Fakultas Kedokteran Gigi

Universitas Jember

Osteoporosis termasuk penyakit gangguan metabolisme yang disebabkan tubuh kehilangan kemempuannya dalam menyerap dann menggunakan bahan-bahan mineral untuk proses penulangan secara normal. Osteoporosis dibedakan menjadi dua yaitu osteoporosis primer dan osteoporosis sekunder. Osteoporosis primer terjadi khususnya pada wanita, yang dipercepat dan diperberat dengan turunnya atau hilangnya hormone estrogen dalam tubuh ketika berusia lanjut. Estrogen merupakan suatu hormon seks yang dapat mempengaruhi metabolisme tulang dengan meningkatkan aktivitas osteoblas dan menekan osteoklas. Saat ini telah terdapat berbagai usaha untuk mengatasi osteoporosis, baik dengan menggunakan obat-obatan maupun tanpa menggunakan obat-obatan. Salah satu bahan alami yang diketahui aman dan potensial dalam mengobati berbagai penyakit dikenal dengan nama propolis. Nampaknya, kandungan senyawa aktif ipriflavon dalam propolis dapat dimanfaatkan sebagai alternative tetapi osteoporosis pada wanita menopause. Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk menelaah dan memahami mekanisme kerja secarailmiah kandungan senyawa aktif ipriflavon yang terdapat dalam propolis pada proses metabolisme tulang .

Penulisan karya tulis ini dilakukan di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember pada bulan maret sampai awal mei 2006.baha referensi berasal dari hasil penelitian pada jurnal ilmiah, buku teks dan situs-situs internet yang berhubungan dengan isi makalah. penulisan karya tulis ini disusun menggunakan studi pustaka, dengan mengumpulkan berbagai referensi dan menganalisisnya sehingga dapat diambil suatu kesimpulan tentang peran senyawa aktif ipriflavon dalam mencegah osteoporosis pada wanita pasca menopause.

Pencegahan osteoporosis pada pascamenopause dapat dilakukan dengan memberikan estrogen pengganti atau alternative-altrenatifnya untuk memelihara keseibangan metabolisme tulang. Secara garis besar, mekanisme kerja estrogen dalam mempengaruhi Receptor Activator of Nuclear factor κβ Ligand/Oasteoprogeterin (RANKL/OPG) untuk menghambat resorpsi tulang, yaitu: 1) estrogen menstimulasi ekspresi OPG pada osteoblas dan sel stromal melalui aktivasi transkriptasional  Estrogen Peceptor Alpha (ER- β); 2) defisiensi estrogen menyebabkan penurunan ekspresi OPG dan peningkatan produksi RNKL oleh sel tulang dan sel sumsum tulang belakang; 3) terapi estrogen dapat menghambat rensonsifitas sel precursor osteoklas pada kerja  Receptor Activator of Nuclear factor κβ (RNKL), sehingga menghambat aktivasi JNK yang diinduksi RANKL. Makanisme kerja ipriflavon (IP) dalam menggantikan estrogen pada tubuh disebabkan adanya dua gugus OH yang mempunyai jarak 11 Ǻ pada inti. Jarak inilah yang menyebabkan ipriflavon dapat berikatan dengan reseptor estrogen atau dapat juga bertindak sebagai SERM (Selective Estrogen Receptor Modulator). Sebagai pengganti estrogen, ipriflavon dapat: 10 meningkatkan aktivitas dan poliferasi osteoblas: serta 2) menghambat pembelahan dan diferensiasi pre cursor osteoklas, dengan cara meningkatkan apoptosisi osteoklas.

Simpulan yang dapat diambil dari hasil telaah dan analisis tentang mekanisme kerja senyawa aktif  ipriflavon pada propolis dapat berfungsi sebagai fitoestrogen yang dapat mempengaruhi metabolisme tulang, karena fitoesrogen ini dapat berfungsi seperti estrogen yang diproduksi tubuh sehingga konsumsi propolis secara teratur dapat mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Kata kunci : propolis, osteoporosis, estrogen, metabolisme tulang, ipriflavon


[1] Juara I LKTM se-UNEJ dan Juara III LKTM se-Regional C (2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s