Mediator Remodeling Tulang

Posted on

Metabolisme tulang meliputi keseimbangan antara formasi dan resorpsi tulang yang dikontrol oleh keseimbangan antara sitokin, faktor pertumbuhan, prostaglandin, dan hormon sistemik. Osteoklastogenesis untuk resorpsi tulang meningkat karena peran tumor necrosis factor (TNF), interleukin (IL)-1β, colony stimulating factor-1 (CSF-1), osteoclast differentiation factor (ODF), dan monocyte chemoattractant protein-1 (MCP-1). Tumor necrosis factor (TNF) dan IL-1β dilepaskan mononuclear phagocytes yang berikatan dengan reseptor osteoblas dan meningkatkan pelepasan mediator remodeling tulang. Meskipun CSF-1 dan ODF disekresikan oleh osteoblas, akan tetapi dapat berikatan secara bebas dengan reseptor progenitor osteoklas untuk meningkatkan proliferasi dan diferensiasi osteoklas (Ardo & Sunariani, 2005).

Peranan sitokin pada awal remodeling sangat penting. Sitokin merupakan mediator protein kimiawi dengan massa molekul rendah dan terdiri dari rantai tunggal. Istilah sitokin didefinisikan sebagai kumpulan mediator protein dengan aktivitas yang luas terhadap bermacam sel target. Sitokin juga merupakan mediator kunci pada respons fisiologi dan patologi infeksi. Interleukin (IL), colony-stimulating factor (CSF), golongan interferon, dan tumor necrosis factor (TNF) α dan β merupakan kelompok mediator protein yang disebut sitokin (Ardo & Sunariani, 2005).

Sitokin IL-1α dan IL-1β mempunyai peran penting terhadap destruksi tulang dengan cara membentuk osteoklas dan meningkatkan aktivitas osteoklas. Peranan utama IL-1β pada metabolisme tulang adalah menstimulasi resorpsi tulang dan menghambat formasi tulang. Sitokin ini bekerja dengan menstimulasi limfosit T dan B untuk meningkatkan respon inflamasi, yaitu dengan cara menstimulasi produksi prostaglandin dan enzim degradatif seperti kolagenase, sedangkan jenis sitokin lain yaitu IL-6 berperan penting dalam menjaga keseimbangan pembentukan dan resorbsi tulang. IL-6 dapat menstimulasi jumlah, meningkatkan proliferasi hematopoietic progenitors dari tempat asal osteoklas dan mengaktifkan osteoklas (Ardo & Sunariani, 2005).

Faktor pertumbuhan merupakan salah satu mediator pertumbuhan tulang, terdiri dari transforming growth factor (TGF) dan platelet derived growth factor (PDGF). Dua kelas utama TGF telah dapat diidentifikasi, yaitu TGF-α dan TGF-β. TGF merupakan faktor peresorpsi tulang yang potensial. Aktivitas resorpsi tulang dari TGF dan PDGF diperantarai oleh prostaglandin (Pudyani & Sutantyo, 2007). Remodeling tulang juga dipengaruhi oleh mekanisme lokal yang melibatkan sitokin dan prostaglandin E2 yang timbul dalam keadaan inflamasi, serta mekanisme sistemik yang melibatkan hormon paratiroid, vitamin D3 dan hormon seksual (Iskandar & Ismaniati, 2010).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s