Manifestasi Orofasial Beta Thalasemia Mayor (2)

Posted on

Karakteristik jaringan lunak rongga mulut pada penderita thalasemia beta mayor

Perubahan jaringan lunak rongga mulut terdiri atas bibir yang inkompeten, mukosa dan gingiva yang pucat atau kuning (jaundice), sore tongue (sakit atau luka pada lidah) dan jumlah saliva yang berkurang. Perubahan ini dipengaruhi oleh anemia yang berat, defisiensi asam fosfat dan menurunnya jumlah IgA (Raz, 2009).

Bibir yang inkompeten pada penderita thalasemia berhubungan dengan maksila yang besar. Penderita memerlukan kontraksi otot untuk mencapai kontak bibir atas dan bawah pada saat mandibula dalam keadaan istirahat. Keadaan ini terjadi karena pada umunya penderita thalasemia memiliki hubungan skletal Klas II dengan prognati maksila dan overjet yang besar (Riyanti, 2008; Raz, 2009).

Jumlah sel darah merah yang kurang karena anemia berat mengakibatkan warna gingiva dan mukosa menjadi pucat, serta perdarahan pada gingiva. Perdarahan ini dipengaruhi oleh adanya splenomegali yang menyebabkan trombositopenia (jumlah trombosit menurun). Pada penderita thalasemia dengan jaundice kronik menyebabkan gingiva berwarna kuning lemon. Perubahan warna ini terlihat jelas pada regio posterior palatum durum dan dasar mulut (Raz, 2009).

Sore tongue dipengaruhi oleh defisiensi asam folat. Defisiensi asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Hal ini mengakibatkan perubahan morfologi inti sel seperti eritrosit sehingga terjadi penurunan hemoglobin. Tanda-tanda klinis defisiensi asam folat biasanya terlihat letih, lemah, sakit kepala, kulit pucat, mudah pngsan maupun kehilangan berat badan (Riyanti, 2008; Raz, 2009).

to be continued ….

copyright : dentistalit@yahoo.co.id (2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s