Perbedaan Sealant pada Restorasi Preventif Resin dengan Restorasi Amalgam

Posted on Updated on

Restorasi pencegahan dengan resin merupakan jawaban terhadap filosofi extension for prevention pada teori preparasi amalgam kelas I, dimana bentuk preparasi kavitas harus mencapai tepi lesi karies serta menyertakan pit dan fisur yang kemungkinan akan terkena karies di masa yang akan datang. Perluasan ini menyebabkan pembuangan jaringan sehat gigi yang cukup banyak dan ternyata preparasi amalgam konservatif justru melemahkan struktur gigi (Mathewson & Primosch, 1995).

Perlekatan restorasi amalgam sebagai pengganti sealant pada permukaan oklusal disukai lebih dari dua pertiga dokter gigi, alasan utamanya karena percaya bahwa amalgam sebagai bahan restorasi permanen sedangkan sealant hanya restorasi sementara. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa amalgam sering membutuhkan penggantian restorasi. Restorasi amalgam pada bagian oklusal yang bertahan selama 5 tahun pada gigi molar satu permanen yaitu sebanyak 30% untuk pasien berusia 5-7 tahun dan 43% pada usia 7-9 tahun. Kerusakan amalgma yang perlu penggantian karena terbentuknya kavitas perifer meningkat secara signifikan. Hal ini disebabkan pada restorasi amalgam terbentuk celah mikro kira-kira 3 µm di antara restorasi dengan dinding kavitas, sehingga menghasilkan kebocoran di sekitar restorasi yang akhirnya menyebabkan terbentuknya karies (Hicks, 1984; Octiara, 2002).

Penelitian Houpt et al. (1982) menghasilkan 92% restorasi preventif resin beretensi sempurna setelah 18 bulan dan 6% beretensi sebagian, insiden karies dilaporkan kurang dari 1% pada gigi yang direstorasi selama 3 tahun. Retensi bahan resin sealant ini didapat dari kontak yang rapat antara bahan resin dengan enamel yang dietsa (hubungan resin tag dan enamel yang dietsa) sehingga dapat mengurangi kebocoran mikro sepanjang permukaan antara enamel dan resin yang akhirnya dapat menurunkan insiden akries sekunder (Houpt et al., 1982; Hicks, 1984; Octiara, 2002).

Ali Taqwim [dentistalit@yahoo.co.id]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s