Nursing Mouth Caries

Posted on Updated on

Nursing Mouth Caries (NMC) merupakan suatu keadaan yang menggambarkan karies pada anak dimana dihubungkan dengan kebiasaan minum susu menggunakan botol susu yang berisi cairan karbohidrat yang dapat diragikan maupun cairan manis lainnya seperti susu dan jus buah sepanjang hari dan saat tidur siang maupun malam hari (Riyanti, 2009). Pendapat lain NMC adalah suatu bentuk karies rampan yang bersifat agresif yang biasanya dihubungkan dengan pemberian susu yang tidak tepat bukan hanya melalui botol yang mengandung cairan manis tapi juga melalui pemberian air susu ibu (ASI) dalam jangka waktu yang lama (Peretz et al, 2000).

Gambaran klinis dari NMC mempunyai pola dan tipe yang khusus. Gambaran pola kariesnya terlihat jelas, dengan lesi terutama pada bagian labial gigi insisif atas dan atau pada palatal molar atas (Riyanti, 2009). Terdapat kerusakan karies yang sangat luas pada bayi dan anak-anak yang umumnya terjadi setelah beberapa bulan erupsi. Karies biasanya mengenai gigi anterior rahang atas dan molar sulung khususnya pada anak-anak usia 0-3 tahun (Schuurs et al., 1993).

Gambar 1. Gambaran klinis nursing mouth caries. (kiri) Tahap awal nursing mouth caries, (kanan) karies sudah terjadi pada gigi anterior.

Sumber: Douglass et al., 2004

Tahap perkembangan karies merupakan hal penting untuk diperhatikan terutama untuk menentukan rencana perawatan dan prognosa, karena setiap tahap perkembangan karies merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya dan merupakan prediksi bagi tahap selanjutnya. Ada emapt tahap perkembangan dari NMC yaitu : (1) tahap inisial, (2) tahap kerusakan, (3) tahap lesi dalam dan (4) tahap traumatik (Veerkamp & Weerheijm, 1995).

Proses kariesnya cenderung aktif, gigi lainnya akan terpengaruh sejalan dengan erupsinya yaitu akan mengenai molar ke satu rahang atas, kaninus rahang bawah dan molar kedua, namun jarang mengenai insisif rahang bawah, hal ini mungkin terjadi karena posisinya yang terlindung oleh lidah (Koch & Poulsen, 2001; Cameron & Widmer, 2003). Proses terjadinya karies pada rahang atas dan rahang bawah tergantung dari tiga faktor yaitu urutan erupsi, lamanya melakukan kebiasaan dan pola otot saat bayi menghisap (Ayhan, 1996).

NMC merupakan karies yang terjadi pada gigi sulung bayi dan anak, etiologinya sama dengan jenis karies lain tetapi dapat berbeda pada beberapa aspek penting. Etiologinya sangat kompleks dan dipengaruhi oleh mineralisasi gigi sulung, diet, ASI atau susu botol, makanan atau minuman yang mengandung gula, kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman kariogenik di antara jam makan, kebiasaan buruk dan oral hygiene jelek dapat memicu terjadinya kolonisasi awal mikroorganisme asidogenik dan perkembangan plak  (Cvetkovic & Ivanovic, 2006).

NMC pada anak sering dianggap sebagai akibat dari kebiasaan pemberian makan yang salah pada bayi. Pendapat terdahulu mengatakan bahwa pemberian susu botol yang inadekuat dianggap sebagi penyebab yang paling berperan. Namun, kenyataannya NMC tidak selalu pada anak yang minum dengan menggunakan botol. Pendapat sekarang mengatakan bahwa pemberian makanan dan minuman yang banyak mengandung gula pada bayi dan balita adalah sebagai penyebabnya (Cvetkovic & Ivanovic, 2006). Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian susu botol yang inadekuat dan pemanis pada makanan dan minuman dapat menyebabkan NMC.

Tindakan pencegahan dan perawatan NMC harus dilakukan sesegera mungkin, karena makin parah karies akan semakin kompleks perawatan yang harus dilakukan  sehingga memerlukan biaya yang lebih besar untuk dikeluarkan. Pencegahan dan perawatan karies gigi memiliki tujuan utama untuk mencegah penyakit berkembang sehingga tidak terjadi infeksi pada gigi dan jaringan lain yang akan menimbulkan sakit, rasa tidak nyaman dan berkurangnya fungsi gigi serta mencegah maloklusi.

Copyright: Ali Taqwim, dentistalit@yahoo.co.id

One thought on “Nursing Mouth Caries

    lintang ayu said:
    Januari 30, 2013 pukul 4:08 pm

    Anak saya full asi, tumbuh gi2 pertama umur 4bln,baru diberi mpasi umur 6bln,mengikuti kaidah no gula n garam. Pada umur 8bln sudah mengalami karies,saat ini umur 10bln dan gi2 atasnya sdh menunjukkan tanda karies juga.
    anaknya sulit dan g mau kalo dibersihkan gi2nya
    kindly please advice tkait hal ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s