Batik is Indonesia

Posted on Updated on

Bravo, Batik is Indonesia

Batik adalah warisan budaya bercitarasa tinggi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, batik juga adalah pencitraan dari jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya dan beradab. Maka sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik untuk bisa turut berpartisipasi dalam melestarikan batik ini. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya bangsa ini, mulai dari memperkenalkan batik ke dunia international, pengembangan usaha batik tradisional di daerah-daerah, pendidikan terhadap rasa cinta budaya asli Indonesia, atau yang paling sederhana adalah berperan aktif mencintai batik sebagai warisan nenek moyang dengan cara tidak malu untuk memakai batik dalam berbagai kesempatan.

Batik milik Indonesia semakin terbukti ketika akhirnya UNESCO menyatakan bahwa batik adalah budaya asli dari Indonesia. Pada tahun 2009, setelah meresmikan batik sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia (28 September-2 Oktober 2009 di Abu Dhabi), sebagai penghargaan terhadap batik itu sendiri Presiden Republik Indonesia Pak SBY meminta kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan batik. Dan akhirnya, tanggal 2 Oktober tersebut diperingati sebagai hari batik nasional.

La trus, ini kan belum saatnya memperingati hari batik. Koq bahas batik segala? Yap, akhir-akhir ini saya sering berkreasi dengan motif-motif batik yang saya kreasikan sendiri dengan program sederhana misalnya menggunakan paint dan photoscape (sederhana banget, semua orang yang mengerti komputer pasti bisa).

Kreasi batik “kontemporer” sebagai rasa cinta saya dengan batik

Motif batik “mega-mendung” menjadi salah satu motif favorit saya. Motif inilah yang menginspirasi saya mengutak-atik menjadikannya motif dasar menjadi beberapa motif batik “kontemporer” yang beraneka ragam lainnya.

Motif dasar sebelum diotak-atik

Motif 1

Motif 2

Motif 3

Cling!!! Akhirnya menjadi salah satu banner dari blog “dentosca”,,,

Gimana gampang kan??? Banyak cara untuk mencintai batik. Batik is Indonesia.
Motif lainnya nantikan ya, siapa tahu di upload,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s