Hidup Mahasiswa !!! Hidup Penalaran!!!

Posted on Updated on

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera,

Hidup Mahasiswa !!!

Timbulnya organisasi mahasiswa didorong oleh keinginan mahasiswa yang ingin mempunyai banyak pengalaman. Jika kita melihat sejarah cikal bakal berdirinya organisasi kemahasiswaan pada dasarnya adalah pembentuk calon intelektual yang akan berkiprah di masa mendatang. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai penerus generasi yang akan datang harus mempunyai pemikiran yang membangun apalagi sebagai seorang mahasiswa kedokteran gigi yang berkiprah dalam dunia kesehatan/ medis dan science harus mampu menghasilkan karya-karya yang dapat mengharumkan nama almamater dan bangsa.

Akhir-akhir ini, penelitian dan karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa mendapat perhatian tersendiri. Berbagai lomba kerap diadakan, baik oleh instansi maupun organisasi tertentu, untuk menjaring bakat mahasiswa dalam hal tulis-menulis, riset, dan pengembangan pengetahuan. Bahkan, media massa memberikan ruang tersendiri bagi hasil pengembaraan intelektual dan penelitian mahasiswa. Cerminan kondisi semacam itu menjadi sinyal perbaikan kultur ilmiah dalam dunia akademik kita.

Pada satu dekade ini, kiprah mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember dalam mengikuti event lomba karya tulis dan kompetisi di bidang penalaran di tingkat regional maupun nasional tidak diragukan lagi. Hal ini membuktikan bahwa, potensi besar telah dimiliki mahasiswa FKG Universitas Jember sebagai modal untuk membantu perbaikan dan mengharumkan lembaga tercinta ini. Sungguh ironis, jika potensi tersebut diabaikan begitu saja. Oleh sebab itu, pembentukan wadah bagi potensi mahasiswa tersebut adalah sangat mendesak.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Dari latar belakang di atas, maka kami perwakilan mahasiswa FKG Universitas Jember dengan segala kemampuan untuk dapat menghasilkan karya demi pengembangan IPTEK perlu kiranya membentuk suatu wadah sebagai wahana pembelajaran. Seiring banyaknya ide-ide penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, maka wadah tersebut kiranya akan dapat menampung aspirasi dan semangat intelektualitas mahasiswa di bidang penalaran.

Kami berharap dengan terbentuknya unit kegiatan senat (UKS) bidang penalaran di lingkungan FKG Universitas Jember, dapat menjembatani kemampuan mahasiswa dalam bidang research, mengembangkan wawasan ilmiah, dan kemapanan berpikir strategis menghadapi era globalisasi. Unit kegiatan ini akan berperan aktif dalam mengkaji masalah-masalah penelitian dan karya ilmiah mahasiswa.

Selain itu, dengan terbentuknya wadah ini maka dapat memberikan suasana yang sejuk bagi kalangan mahasiswa kedokteran gigi yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam melakukan suatu penelitian baik berskala regional maupun yang berskala nasional, bahkan internasional. Dan akhirnya, berbagai kegiatan di dalam unit kegiatan ini akan dapat menjadi satu-satunya langkah strategis dalam menghadapi persaingan global yang menuntut lulusan dokter gigi yang tidak hanya handal pada skill klinis (hardskill), namun juga softskill lulusan dokter gigi yang tidak kalah dengan lulusan dari fakultas kedokteran gigi lainnya.

Hidup Mahasiswa !!! Hidup Penalaran!!!

# draft ini saya buat sudah sekitar 3 tahun yang lalu ketika akan membuat suatu wadah penalaran di FKG Universitas Jember. Namun, seiring dengan perubahan jaman. Akhirnya, draft ini saya rombak menjadi artikel mengenang 1 dekade FKG UNEJ berprestasi.


*Hanya untuk di baca sendiri, dan akhirnya saya share ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s