Ajari Anak Anda Menyikat Gigi Sejak Dini

Posted on Updated on

Ajarkan Kebiasaan Baik Sejak Dini

Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut anak. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak-anak yang masih balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap si anak.

Mengajarkan kebiasaan sikat gigi pada anak memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun aktivitas tersebut sangatlah sederhana, tak berarti bujukan yang dilakukan semudah yang dibayangkan. Jika tidak tepat dalam memberikan strategi, proses tersebut hanya bersifat sia-sia belaka. Padahal jika tidak dimulai sejak dini, gigi buah hati Anda pun terancam rapuh dan mudah terserang berbagai gangguan penyakit gigi lainnya.

Masa kanak-kanak merupakan masa efektif untuk mengenalkan kebiasaan menggosok gigi. Pasalnya dalam fase ini, masa pertumbuhan sedang berjalan dengan produktif. Alhasil, pertumbuhan gigi pun dapat terpantau dengan baik. Namun, jika Anda kesulitan dengan permasalahan dalam mengedukasi anak Anda, berikut ada beberapa strategi yang dapat dicoba ;

  • Pertama, sebaiknya orangtua membiasakan gosok gigi pada anak sejak awal, bahkan ketika buah hati Anda belum memiliki gigi yang lengkap sekalipun. Hal ini sangat penting untuk melatih daya adaptasi mereka ketika nantinya gigi sudah lengkap dan tingkat persentuhan dengan makanan kian tinggi dan kuman yang melekat makin banyak.
  • Kedua, sebaiknya jangan membiasakan untuk mengajak anak menggosok giginya ketika mereka dalam keadaan mengantuk pada malam hari.
  • Ketiga, berilah contoh yang baik. Saat masih kanak-kanak mereka terbiasa dengan pola meniru. Karenanya, jadilah pencontoh yang baik bagi anak Anda.

MOI METHOD FOR KIDS

(1)      Masticatory surfaces

Mulailah dengan menyikat permukaan (kunyah) gigi menggunakan gerakan sederhana. Sikat permukaan kanan atas, kemudian atas kiri, permukaan kanan bawah, dan akhirnya permukaan kiri bawah. Menyikat gigi mulai dari belakang dan perlahan-lahan maju ke depan.

(2)     Outer surfaces

Lakukan gerakan kecil melingkar pada permukaan luar dari gigi posterior dan lateral dengan sikat gigi (sementara mulut sedikit terbuka). Sekali lagi, mulai di belakang dan sikat perlahan ke arah depan.

(3)     Inner surfaces

Untuk membersihkan permukaan interior (dalam), tempatkan sikat gigi dalam posisi tegak dan bergerak dalam arah: “dari gusi ke gigi”.

2 thoughts on “Ajari Anak Anda Menyikat Gigi Sejak Dini

    duaribuan said:
    Oktober 9, 2011 pukul 11:35 am

    blognya bagus.. salam kenal http://duaribuan.wordpress.com

      dentosca responded:
      Oktober 19, 2011 pukul 12:20 am

      sama-sama, terima kasih sudah mampir. semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s