Workshop Poster Ilmiah

Posted on Updated on

Membuat poster seperti membangun rumah, memerlukan konsep yang indah seperti yang diinginkan pemiliknya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah ambil kertas, lalu buatlah konsep desain posternya, ploting tempat sesuai format standar poster (seperti menyusun kartu tempel poster) dan lihat, cek kembali.

Jika sudah melakukan hal pertama, selanjutnya adalah membuat konsep poster dengan batuan microsoft word, menata dan mengumpulkan apa-apa yang dicantumkan dalam poster sesuai dengan format standart yang dipakai, gambar dan tabel yang diperlukan. Semua harus tertata dengan rapi ya🙂

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan dari berbagai sumber, poster untuk kategori study literature (kajian pustaka) format standartnya adalah : (1)Title & Authors, (2) Abstract, (3) Introduction, (4) Objectives, (5) Discussion, (6) Conclusions, (7) References, (8) Acknowledgements.

Sedangkan untuk poster research (hasil penelitian) format standartnya adalah : (1)Title & Authors, (2) Abstract, (3) Introduction, (4) Objectives, (5) Materials & Methods, (6) Results/Data, (7) Discussion, (8) Conclusions, (9) References, (10) Acknowledgements.

Dan untuk jenis poster case report (laporan kasus) format standartnya adalah :(1)Title & Authors, (2) Abstract, (3) Introduction, (4) Objectives, (5) Case history, (6) Case management, (7) Discussion, (8) Conclusions, (9) References, (10) Acknowledgements.

Sebagai media komunikasi ilmiah, untuk mengikuti sebuah kompetisi (misalnya presentasi poster ilmiah) maka paling tidak sebuah poster harus memiliki beberapa kriteria yang disingkat dengan kata “VISUALS” yang merupakan akronim dari: (V)isible: mudah dilihat. (I)nteresting: menarik. (S)tructured: terstruktur, tertata dan mudah dibaca.(U)seful: berguna, informatif.(A)ccurate: teliti.(L)egitimate: mengikuti aturan panitia.(S)imple: sederhana, tidak berbelit-belit.

Selanjutnya, silakan konsep psoter yang sudah matang diolah dengan program komputer, bisa melalui program powerpoint atau yang lebih populer dan bagus adalah menggunakan program photoshop atau corel draw.

Ini contoh konsep yang saya buat untuk persiapan pembuatan poster RDM&E V 2011 di FKG USU kemaren. Check this out ^^

Setelah dibuat memakai aplikasi photoshop/ corel draw, konsep poster tadi akan menjadi poster final sebagai berikut;

 

Untuk materi lengkapnya dapat diunduh powerpoint yang sudah saya covert ke PDF ini (klik disini: Workshop Poster Ilmiah 2011), sesuai materi yang saya sampaikan dalam acara “Workshop Pembuatan Essai dan Poster Ilmiah” pada hari Sabtu, tanggal 3 Desember 2011 di FKG Universitas Jember.

Saya (tengah) di antara seluruh panita "Workshop Pembuatan Esai dan Poster Ilmiah 2011" by dentine forum

Semoga bermanfaat ^^
dalam pengembaraan samudra ilmu (dentistalit@yahoo.co.id).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s