Bahaya: Apakah Pasta Gigi Anda Mengandung Triclosan?

Posted on Updated on

Seperti kita ketahui, dewasa ini hampir semua pasta gigi yang ada di dunia telah mengandung Triclosan. Fungsi Triclosan sendiri pada pasta gigi adalah untuk mengurangi plak dan mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa memicu gingivitis atau radang gusi. Penggunaan Triclosan telah populer dari tahun ke tahun.

Perlu diketahui bahwa triclosan terdaftar sebagai pestisida dan dapat ditemukan di banyak produk-produk perawatan tubuh, pakaian dan mainan. Namun, para perusahan produsen produk yang mengandung triclosan mengklaim bahwa triklosan aman dan The American Dental Association mendukung penggunaan triclosan pada pasta gigi! “ADA.org: ADA News: Triclosan study not relevant to toothpaste”.

Namun, banyak penelitian terbaru yang menyatakan sebagai berikut :

  • Penelitian dari Virginia Tech menemukan bahwa produk yang mengandung triclosan, ketika terpapar air kran,  maka akan menghasilkan kloroform atau lain produk sampingan klorin. Rule KL, Ebbett VR, Vikesland PJ (2005). “Formation of chloroform and chlorinated organics by free-chlorine-mediated oxidation of triclosan”. Environ. Sci. Technol. 39 (9): 3176–85.
  • The United States Environmental Protection Agency mempertimbangkan bahwa produk samping triclosan, berupa chloroform, kemungkinan bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Silakan klik link artikel tersebut.
  • Sebuah studi menemukan bahwa di lingkungan, triclosan akan bereaksi dengan sinar matahari, membentuk chlorophenols dan dioxin yang bertindak sebagai endokrin pengganggu yang meniru hormon tiroid sehingga menghalangi hormon yang biasa digunakan. Ini link hasil studi tersebut.
  • Secara kimiawi, triclosan sangat stabil dan tereleminasi sangat lambat, yang menyebabkan keracunan apabila terakumulasi di dalam jaringan hidup dan juga lingkungan. Calafat, A., “Urinary Concentrations of Triclosan in the U.S. Population: 2003-2004.”
  • Kandungan triclosan pada pasta gigi seharusnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Namun penelitian terbaru mengungkap adanya kemungkinan bahwa senyawa itu malah dapat menyebabkan kuman-kuman makin kebal terhadap antibiotik. Seperti yang diinfoksn pada link artikel ini.
Pada saat mengecek Canadian Legislation and Safeguards saya menemukan berikut :
  • Environment Canada menyatakan bahwa triclosan beracun untuk organisme air dan sifatnya persisten, tidak dapat terurai di lingkungan.
  • The Canadian Medical Association menyerukan larangan atas semua produk antibakteri yang mengandung triclosan.

Warning!!! : Please remember to be diligent with what you put-on and take-in to your body.  Read your toothpaste label today and consider choosing products carefully to enhance not only your health but the health of the planet!

Terjemahan bebas dari artikel ini, semoga bermanfaat ^^
Keep your health and your earth :) dentistalit@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s